starbanjar.com
Vaksinasi .jpg
Rifqinizamy meninjau vaksinasi massal di pondok pesantren, Rabu (13/10/2021).

Rifqinizamy Gelar Vaksinasi di Ponpes Nurul Jannah Banjarmasin

Redaksi Starbanjar
13.10.2021

STARBANJAR - Anggota DPR RI Dapil Kalsel, HM Muhammad Rifqinizamy Karsayuda menggelar vaksinasi Covid-19 di Pondok Pesantren Pendidikan Diniyah Formal (P3DF) Nurul Jannah Banjarmasin, Rabu (13/10/2021).

Setelah sehari sebelumnya sukses melaksanakan vaksinasi pertama di Banjarbaru, dengan masing-masing sebanyak 2.000 dosis.

Bang Rifqi-sapaan akrab Rifqinizamy Karsayuda telah menyalurkan 30 ribu dosis vaksin Covid-19 untuk warga Kalsel. Jumlah tersebut terbagi di 11 kabupaten atau kota se-Kalsel.

"Sedangkan hari ini ada dua lokasi vaksinasi di Banjarmasin. Pertama, Pondok Pesantren Nurul Jannah. Kedua, ada salah satu pondok pesantren di Sungai Andai. Totalnya 2.000 dosis vaksin," ujar Rifqi.

Ia mengaku sengaja menyasar pondok pesantren karena para santri yang hidup secara komunal sangat rentan terjangkit virus Corona.

"Alasan kedua, kita ingin memberikan pesan bahwa vaksin ini halal dan aman. Karena Tuan Guru saja mempersilakan, artinya ini tak jadi masalah," Jelas anggota fraksi PDI-Perjuangan ini.

Vaksinasi di pondok pesantren, sambung Rifqi diharapkan isu sumir yang beredar di masyarakat tentang kehalalan vaksin mereda.

Kendati demikian, angka tersebut tentu belum bisa memenuhi kebutuhan vaksinasi Covid-19 di Banjarmasin.

Mengingat, kekurangan vaksin di kota berjuluk Seribu Sungai itu mencapai 200 ribu, secara keseluruhan dibutuhkan sekitar 400 ribu untuk dosis penuh.

Ia meminta anggota DPRD Kota Banjarmasin Fraksi PDIP untuk berkoordinasi dengan walikota beserta jajaran, terutama dinas kesehatan ihwal kekurangan tersebut.

"Tugas kami DPR RI melalui fraksi akan berkoordinasi dengan menteri kesehatan untuk memastikan bahwa jumlah vaksin yang belum tersalurkan di Banjarmasin bisa terpenuhi 100 persen," tegasnya.

"Penyaluran juga telah kami skemakan, mungkin melalui puskesmas terdekat. Kemudian, RT dan RW melakukan sosialisasi agar penyaluran cepat," pungkasnya.