Sempat Menuai Polemik, Bioskop XXI Banjarmasin Akhirnya Dapat Izin Beroperasi

Banjar UPDATE 17 Okt 2020, By Tim Starbanjar
Sempat Menuai Polemik, Bioskop XXI Banjarmasin Akhirnya Dapat Izin Beroperasi (Source: Starbanjar/Putnad)

STARBANJAR- Setelah sempat menuai protes ketika dibuka awal Oktobe lalu, hari ini, Sabtu (17/10) studio XXI Duta Mall Banjarmasin resmi kembali dibuka.

Yenny Purnawati, Manajer Operasional Duta Mall menyebut kali ini pihaknya telah mendapat izin dari satuan gugus tugas penanganan Covid-19 kota Banjarmasin.

Hal senada juga dilontarkan Machli Riyadi, Kepala Dinas Kesehatan yang juga Juru Bicara Gugus Tugas Covid-19 kota Banjarmasin.

“Pihak Duta Mall telah berkomitmen dan membuat pernyataan bermaterai untuk menaati protokol kesehatan,” ucap Machli ketika dihubungi via Whatsapp.

Pembukaan studio XXI tersebut, dikatakan Yenny telah berkoordinasi dengan XXI pusat. Sebelumnya, melalui akun instagram resmi @cinema.21 mengumumkan pembukaan studionya di 6 kota, yakni di Ternate, Jayapura, Pontianak, Bandung, Banjarmasin dan Samarinda.

Yeyen menerangkan sebelum Banjarmasin, Bandung dan Jakarta juga telah lebih dulu membuka bioskop, meski hanya 25% dari kapasitas maksimalnya. Sementara itu untuk studio di Banjarmasin, terangnya, dapat membuka sebanyak 50% dari kapasitas awal.

Beroperasi di tengah pandemi, studio XXI juga meniadakan studio midnight. “Film terakhir selesai pukul 10 malam, sama dengan jam operasional mall,” ucap Yenny.

Sebelum akhirnya resmi dibuka, pihak GTPP Covid-19 bersama Dinas Kesehatan kota Banjarmasin, telah melakukan visitasi hingga akhirnya memberikan rekomendasi dan diminta wajib menerapkan protokol kesehatan yang ketat.

"Dari 5 studio yang dibuka, hanya mampu menampung separuh dari total keseluruhan. Studio yang dibuka pun studio kecil, seperti studio 3 dan 4 itu dari total 124 hanya bisa digunakan sekitar 62 kursi saja, dan untuk studio 5 itu hanya 71. Jadi semuanya hanya 50 persen saja," ucapnya.

Ia pun berharap pembukaan bioskop ini mendapatkan antusias dari warga Banjarmasin. Setelah tutup selama hampir 7 bulan, ia pun mengakui tidak semua pegawai yang dirumahkan dipanggil kembali.

Sementara itu, Dian, salah seorang pengunjung mengatakan dirinya iseng mengunjungi XXI setelah sekian lama tidak menonton bioskop.

“Kemarin melihat postingan di sosmed kalo mau dibuka, makanya coba liat ke sini, sekalian nonton,” ucanya.

undefined

Ajeng Mona