starbanjar.com
Ron-Desantis.jpg
Gubernur Florida Ron DeSantis menjadi pesaing kuat eks Presiden AS Donald Trump di Pilpres Paman Sam dari Partai Republik (Foto : Twitter)

Siapa Ron DeSantis, Pesaing Kuat Trump di Pilpres Amerika dari Partai Republik

Ahmad Husaini
27.5.2023

STARBANJAR - Gubernur Florida Ron DeSantis mengumumkan bahwa dirinya bakal mencalonkan diri sebagai calon presiden Amerika Serikat pada pemilu presiden AS 2024 mendatang dari partai Republik.

Ron DeSantis akan bersaing dengan mantan Presiden AS ke 45 Donald Trump, senator Tim Scott dan mantan Gubernur Caroline Selatan Nikki Haley.

Lantas siapa saja Ron DeSantis? Gubernur Florida ini lahir pada tanggal 14 September 1978 di Jacksonville, Florida.

Ia seorang politisi Amerika Serikat yang saat ini menjabat sebagai Gubernur Florida sejak tahun 2019. Ia berasal dari Partai Republik. 

Sebelum menjadi gubernur, DeSantis menjabat sebagai anggota Dewan  Amerika Serikat dari Florida sejak tahun 2013 hingga 2018.

Ia menghabiskan sebagian besar masa kecilnya di daerah itu. Ron DeSantis menyelesaikan pendidikan sarjana di Universitas Yale, dimana ia memperoleh gelar Bachelor of Arts dalam bidang sejarah. 

DeSantis juga meraih gelar Juris Doctor dari Fakultas Hukum Harvard. Setelah menyelesaikan pendidikan hukumnya, DeSantis bertugas di Angkatan Laut Amerika Serikat sebagai jaksa angkatan laut dan kemudian bekerja sebagai pengacara di sektor swasta sebelum terjun ke dunia politik.

Pada tahun 2012, DeSantis terpilih sebagai anggota Dewan Perwakilan Rakyat Amerika Serikat dari Distrik Kongres ke-6 Florida. 

Ia dikenal sebagai anggota Kongres yang konservatif dan mendukung kebijakan ekonomi yang lebih bebas, kebijakan imigrasi yang ketat, serta pemotongan pajak. 

Ia juga menjadi anggota Komite Urusan Luar Negeri dan Komite Pengawasan dan Reformasi Pemerintah.

Pada tahun 2018, DeSantis mencalonkan diri sebagai calon gubernur Florida dari Partai Republik. Ia berhasil memenangkan pemilihan dan dilantik sebagai gubernur pada Januari 2019. 

Sejak menjabat sebagai gubernur, DeSantis telah mendorong berbagai kebijakan yang menekankan pada pertumbuhan ekonomi, peningkatan akses terhadap pendidikan, dan isu-isu lingkungan.

Namun, profil DeSantis juga telah menjadi perhatian nasional karena pendekatannya terhadap isu-isu seperti imigrasi, hak suara, dan penanganan pandemi COVID-19. 

Ia telah menghadapi berbagai kritik dan pujian karena kebijakan-kebijakan yang diterapkan selama masa jabatannya sebagai gubernur.

Ron DeSantis dianggap sebagai salah satu politisi muda yang berpengaruh dalam Partai Republik dan terus menjadi tokoh yang menarik perhatian dalam politik Amerika Serikat.