starbanjar.com
sosialisasi Pancasila.jpg
Elfrida Herawati Siregar Direktur Hubungan Antar Lembaga dan Kerjasama, anggota Komisi II DPR RI HM Rifqinizamy Karsayuda menjadi pembicara dalam kegiatan sosialisasi Pancasila.

Sosialisasi di Kalimantan Selatan, BPIP Perkuat Semangat Gotong Royong Membumikan Pancasila

Ahmad Husaini
08.8.2022

STARBANJAR - Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) menggelar sosialisasi Pancasila di MRK Coffee, Senin (8/8/2022) sore, dengan tema Gotong Royong Membumikan Pancasila.

Kegiatan ini diisi oleh Elfrida Herawati Siregar Direktur Hubungan Antar Lembaga dan Kerjasama, anggota Komisi II DPR RI HM Rifqinizamy Karsayuda dan dihadiri oleh lintas organisasi kemahasiswaan dan kepemudaan.

Elfrida Herawati Siregar menuturkan Pancasila tidak hanya sebagai ideologi negara namun juga falsafah bangsa.

"Pancasila digali dari bumi-bumi Nusantara,  Pancasila menyatukan suku-suku, ras, dan agama yang berbeda," ujar Elfrida di hadapan audience.

Dia mengatakan presiden Joko Widodo mengamanatkan BPIP untuk bergotong royong membumikan Pancasila ke akar rumput, terutama ke generasi milenial.

Salah satu gotong royong membumikan Pancasila, kata Elfrida melalui Jejaring Panca Mandala (JPM) yakni perwakilan dari pemerintah, ormas, pendidikan, pengusaha dan media.

“Kelima perwakilan 5 unsur ini, akan menjadi mitra dari BPIP menjadi pelopor membumikan ideologi Pancasila dalam kehidupan bermasyarakat di daerahnya masing-masing,” jelasnya. 

HM Rifqinizamy Karsayuda menambahkan Pidato Bung Karno di hadapan sidang umum PBB tentang konsep Pancasila yang merupakan inti peradaban di Indonesia.

"Bung Karno menyampaikan inti dari Pancasila di kancah dunia, yaitu Ketuhanan, Kemanusiaan, Nasionalisme, Demokrasi, dan keadilan sosial," ujar Bang Rifqi sapaan akrabnya.

Prinsip Gotong Royong, ucap Bang Rifqi salah satu ciri khas yang masih melekat dalam kehidupan masyarakat Indonesia. 

Mantan aktivis HMI ini menuturkan semangat gotong royong harus diimplementasikan dalam kehidupan sehari-hari, termasuk dalam membumikan Pancasila.

Legislator asal Kalimantan Selatan ini berpesan kepada audiens terutama milenial untuk berani menggantungkan mimpi.

"Selama kita punya keberanian dalam alam demokrasi, kita bisa menjadi siapa saja," imbuhnya.