starbanjar.com
Ibnu Sina
Walikota Banjarmasin, Ibnu Sina

Tak Ada Alokasi Dana Bansos Selama PPKM Level 4 di Banjarmasin

Redaksi Starbanjar
30.7.2021

STARBANJAR- Pemerintah Kota Banjarmasin belum memiliki anggaran yang khusus dialokasikan untuk keperluan bantuan sosial (bansos) bagi masyarakat terdampak Covid-19.

Walikota Banjarmasin, Ibnu Sina, mengaku hingga kini pihaknya hanya menyalurkan bansos dari pemerintah pusat berupa beras dan uang tunai. Bansos ini disalurkan kepada warga miskin yang tercantum dalam Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) milik Kemensos RI.

“Terus terang, kita saat ini belum punya anggaran untuk memberikan bantuan secara langsung kepada warga dari APBD Kota Banjarmasin,” terangnya, Kamis (29/7/2021).

BACA JUGA: Selama Pandemi, Orang Miskin di Banjarmasin Bertambah 9 Ribu

BACA JUGA: Dana Rp 34 Miliar Dikucurkan untuk Pelaksanaan PPKM Level 4 di Banjarmasin

Ibnu bilang, pihaknya hanya mampu melalukan refocusing anggaran sebanyak Rp 34 miliar untuk keperluan PPKM Level 4. Dana tersebut paling besar mengalir ke tiga SKPD, yakni Dinas Kesehatan, Dinas Sosial dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah Banjarmasin.

“Termasuk juga nantinya pelaksanaan operasi yustisi di Satpol PP,” tambahnya.

BACA JUGA: PPKM Level IV Banjarmasin: Tempat Ibadah Tetap Buka dengan Kapasitas Maksimal 25 Persen

BACA JUGA: KCP-PEN Instruksikan Banjarmasin Terapkan PPKM Level IV, Apa Kata Walikota?

Sementara Kepala Dinas Kesehatan Banjarmasin, Machli Riyadi menerangkan di instansinya sudah dialokasikan anggaran hingga Rp3,7 M untuk PPKM level IV.

Dana tersebut dipersiapkan untuk penambahan tempat tidur hingga pembelian alat kesehatan termasuk untuk dana insentif tenaga kesehatan (nakes) dan gaji relawan.

“Dana akan kita gunakan untuk berbagai keperluan di bidang kesehatan selama PPKM level IV berlangsung,” kata Machli.