starbanjar.com
gubernur-kalimantan-selatan-h-sahbirin-noor-melepas-peserta-tour_211016124920-602.jpg
Pembukaan Tour de Loksado, pada Sabtu (16/10/2021) pagi di Kiram Park, Kabupaten Banjar.

Tempuh Perjalanan 150 Kilometer, Ratusan Pesepeda Ikuti Ajang Tour de Loksado

Redaksi Starbanjar
16.10.2021

STARBANJAR- Sebanyak 217 pesepeda dari berbagai daerah di Kalimantan Selatan mengikuti ajang Tour de Loksado, pada Sabtu (16/10/2021).

Ajang perlombaan sepeda ini  dimulai dari Kiram Park, Kabupaten Banjar, dan berakhir di Kecamatan Loksado, Kabupaten Hulu Sungai Selatan. Dihitung-hitung para peserta akan menempuh jarak 150 kilometer.

Kepala Dinas Pariwisata Kalsel, M Syarifuddin, mengatakan selama perjalanan itu, pihaknya menyediakan sejumlah pit stop di titik tertentu seperti Mataraman, Binuang, Tapin, dan Kandangan agar para peserta bisa beristirahat sementara untuk memulihkan energi.

“Karena kita mematuhi protokol kesehatan, jadi selama di pit stop kita tidak menyediakan hiburan, hanya menyediakan minuman dan makan kepada para peserta agar mereka bisa memulihkan energi dan melanjutkan perjalanannya,” tuturnya, dilansir dari Media Center Provinsi Kalsel.

Gubernur Kalsel, Sahbirin Noor, mengatakan event Tour de Loksado yang menggabungkan antara pariwisata dan olahraga merupakan salah satu kebanggaan Pemerintah Provinsi Kalsel.

“Alhamdulillah, event ini bisa kita laksanakan kembali biarpun ditengah pandemi COVID-19 dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat. Kita juga bersyukur Tour de Loksado tahun ini juga diikuti oleh peserta dari luar provinsi Kalsel,” kata Sahbirin.

Sahbirin berharap event Tour de Loksado, bisa menjadi ajang promosi potensi pariwisata, khususnya wisata alam di Kalsel. Dia yakin, event cyclist terbesar di Banua ini bisa menjadi event strategis yang mampu mengenalkan Kalsel ke tingkat dunia.

“Sepanjang event ini para peserta akan disuguhi tantangan dan keindahan alam Kalimantan Selatan, peserta juga akan merasakan keramahan dan keunikan budaya masyarakat Kalsel. Semoga melalui event Tour de Loksado ini potensi pariwisata di Kalsel lebih dikenal oleh mata dunia,” harap Sahbirin.