starbanjar.com
Dana
Dana

Terdaftar OJK, Penyelenggara Fintech P2P Danacita Tawarkan Solusi Pembiayaan Kuliah

Redaksi Starbanjar
13.10.2020

STARBANJARPT Inclusive Finance Group atau Danacita adalah penyelenggara fintech peer-to-peer lending yang fokus memberikan pembiayaan kuliah dan kursus. Platform pinjaman online satu ini telah terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dengan nomor registrasi S-688/NB.213/2018.

Selain itu, Danacipta juga telah resmi tergabung sebagai salah satu anggota Asosisasi Fintech Pendanaan Bersama (AFPI). Perusahaan didirikan pada Mei 2017 lalu oleh seorang perempuan bernama Susli Lie yang saat ini turut menjabat CEO perusahaan.

 

Danacipta bermitra dengan setidaknya 12 kampus dan telah membiayai pelajar dari 100 lebih perguruan tinggi di seluruh Indonesia. Selain itu, tidak kurang dari tiga lembaga kursus, seperti Purwadhika, Hactiv8, hingga Wall Street telah menjalin kerja sama dengan anak perusahaan ErudiFi tersebut.

Di dalam platform ini terdapat dua komponen biaya yang wajib dipenuhi oleh penerima pembiayaan (borrower) yakni, biaya persetujuan sejumlah 3% dari jumlah pembiayaan atau minimal Rp100.000. Lalu terdapat juga biaya platform di kisaran 0-1,75% per bulan flat dari jumlah pembiayaan.

Danacipta juga menawarkan pembiayaan pendidikan dengan masa pembayaran bulanan dengan tenor 12 bulan untuk biaya semester. Sedangkan untuk pengajuan pembiayaan uang pangkal atau uang gedung yang biasa ditagihkan untuk mahasiswa baru diberikan tenor selama 24 bulan.

Melalui laman resminya per 12 Oktober 2020, dinyatakan bahwa total pembiayaan yang telah disalurkan perusahaan sejak berdiri sebanyak Rp16,65 miliar. Sedangkan total pembiayaan sepanjang tahun sebesar Rp6,87 miliar dengan outstanding pembiayaan mencapai Rp7,1 miliar.

Jumlah akumulasi pengguna pada platform Danacipta sebanyak 1.260 orang. Dan saat ini jumlah pengguna aktifnya ada 942 jiwa.

Persentase tingkat keberhasilan bayar pada hari ke-90 (TKB90) di Danacipta berada pada level 95,88%. Artinya rasio kredit macet pada perusahaan marketplace pembiayaan ini hanya sekitar 4,12% dan dapat diasumsikan cukup baik.