starbanjar.com
penyerahan-bantuan-tunai-tahap-pertama-untuk-pedagang-kaki-lima.jpg
Penyerahan bantuan tunai Rp 1,2 juta untuk PKL di Banjarmasin, Senin (27/9/2021).

Terdampak PPKM, Ribuan PKL di Banjarmasin Dijatah Bantuan Rp 1,2 Juta

Redaksi Starbanjar
27.9.2021

STARBANJAR- Sebanyak 4.413 pedagang kaki lima dan warung di Kota Banjarmasin tercatat menerima bantuan tunai masing-masing Rp 1,2 juta untuk membantu perekonomian di tengah penerapan PPKM Level 4.

Dana ini berasal dari program Bantuan Tunai untuk Pedagang Kaki Lima dan Warung (BTPKLW), hasil inisiasi Kementerian Keuangan, Polri, serta Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional.

Kapolda Kalsel, ikut menyalurkan secara simbolis bantuan tunai ini di Polresta Banjarmasin, Senin (27/9/2021). “Kita tetap menyalurkan apa yang menjadi haknya. Mudah-mudahan manfaat buat mereka,” ujar Rikhwanto.

Penyaluran BTPKLW dilakukan dengan 22 tahap. Dana akan diserahkan oleh di Polresta Banjarmasin ke ribuan pedagang yang ada di kota seribu sungai.

Ia juga menyampaikan bahwa bantuan tunai diberikan sebagai langkah pemerintah untuk membantu memberikan modal. “Kami berharap ini bisa menghidupkan roda ekonomi mereka dan bisa nyaman untuk memulai lagi kegiatan ekonominya,” ucap Kapolda Kalsel.

Ahmad, salah seorang penerima bantuan tunai mengapresiasi langkah pemerintah yang sudah meringankan beban para pedagang kecil di Banjarmasin. “Setidaknya ini bisa bermanfaat. Daripada enggak ada sama sekali,” katanya. 

Ia pun memastikan akan menyisihkan bantuan untuk keperluan modal usahanya yang selama ini berkutat di bidang kuliner. 

“Kalau usaha kuliner ya tentu lumayan terdampak meski masih bisa jualan sampai malam. Jadi ini bisa buat nambah-nambah, Mas,” ujar Ahmad.