starbanjar.com
Dispersip.jpg
Arkalitera menerima hibah buku dari Perpusnas RI yang diserahkan Dispersip Kalsel : (Foto : Dispersip Kalsel)

Terima Hibah dari Perpusnas, Arkalitera : Sangat Membantu Komunitas Literasi

Ahmad Husaini
26.12.2022

STARBANJAR - Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dispersip) Kalimantan Selatan menyerahkan bantuan hibah bumi dari Perpustakaan Nasional (Perpusnas) RI belum lama tadi.

Salah satu komunitas literasi yang mendapatkan hibah buku adalah Arkalitera. Muhammad Syahrul perwakilan Arkalitera mengaku pihaknya sangat bersyukur dan berterima kasih atas hibah yang diberikan Perpusnas RI yang diserahkan Dispersip Kalsel. 

Bukan tanpa alasan, ia mengakui saat ini koleksi buku yang dimiliki Arkalitera sangat terbatas.

"Terlebih sebelumnya buku kami tidak terlalu banyak, kurang dari 50 dan sebagian besarnya buku-buku itu hasil patungan atau sumbangan," ujar Syahrul saat dihubungi, Senin (26/12/2022).

Ia berharap kedepan program hibah ini bisa berlanjut dan membantu komunitas, organisasi, atau perpustakaan kecil untuk dapat menjangkau masyarakat.

Syahrul menuturkan sepanjang tahun ini, ada beberapa kegiatan yang telah dijalankan. 

Misalnya Bulan Januari silam Arkalitera melakukan diskusi buku Menjemput Abajada karya penulis lokal Hajriansyah. 

"Bulan April kami mengadakan pelatihan menulis cerpen secara daring melalui Zoom bersama Bang Sandi Firly. Peserta yang ikut pelatihan ini diminta untuk membuat cerpen dan kami jadikan buku berbentuk soft file," ujarnya.

Selain rutin menghelat acara diskusi, Arkalitera juga rutin  membuka lapak baca di tempat-tempat yang ramai.

"Sejauh ini kami sudah membuka lapak baca sebanyak 5 kali. Sisanya, kami mengadakan diskusi internal yang membahas karya teman-teman," kang Syahrul.

Ia mengatakan buku yang diperoleh dari program hibah buku perpusnas ini akan digunakan untuk membuka lapak baca.

"Kami sudah beberapa kali mengadakan kegiatan ini. Terakhir kali kami mengadakan lapak baca di Siring Banjarmasin awal Desember kemarin," imbuh Syahrul.