Tiga Kawasan di Banjarmasin Jadi Fokus Program Normalisasi Sungai

Redaksi Starbanjar - Sabtu, 25 September 2021 19:48 WIB
Warga ramai-ramai membersihkan Sungai Veteran, Sabtu (25/9/2021). (sumber: Dik/Starbanjar)

STARBANJAR- Aksi bersih-bersih sungai atau balingai di Sungai Veteran Banjarmasin, menyedot antusiasme warga setempat, pada Sabtu (25/9/2021) pagi.

Balingai merupakan program Pemerintah Kota (Pemko) Banjarmasin, sekaligus menjadi agenda rangkaian hari jadi kota berjuluk Seribu Sungai ke 495.

Walikota Banjarmasin, Ibnu Sina, mengatakan pemko sedang fokus dalam upaya menanggulangi bencana banjir serta mempercantik lingkungan sungai-sungai di Banjarmasin.

Adapun saat bersih-bersih, warga  terlihat saling gotong royong membersihkan sungai yang ada di sepanjang Jalan Veteran.

Ibnu Sina mengatakan keterlibatan warga dalam menjaga lingkungan sungai sangat memiliki peram penting.

"Kalau petugas saja  yang bergerak dalam menjaga lingkungan sungai cukup terbatas. Sekecil apapun peran kita, ya paling tidak jangan membuang sampah di sungai. Itu yang paling sederhana," ucapnya ditemui saat aksi Balingai, Sabtu (25/9/2021) pagi.

Ibnu membeberkan, program normalisasi sungai saat ini juga kembali digencarkan lagi oleh pihaknya setelah tersendat beberapa waktu lalu.

"Satu excavator sudah kita siapkan untuk normalisasi satu bulan kedepan, sekaligus program-program kegiatan hasil lelang kemarin dan akan kita giatkan di sini Sungai Veteran, Sungai A Yani dan sungai Guring," terangnya.

Pada kesempatan itu juga, Ibnu Sina juga telah mengukuhkan Komunitas Peduli Sungai Veteran yang terdiri dari tokoh masyarakat dan warga setempat agar program ini terus berkelanjutan.

Editor: Redaksi Starbanjar

RELATED NEWS