starbanjar.com
IMG-20220927-WA0015.jpg

Tim PKM ULM dari Prodi Ilmu Komunikasi Gelar Pelatihan Peningkatan Literasi Digital kepada Pokdarwis Desa Paau

Redaksi Starbanjar
28.9.2022

STARBANJAR- Tim Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) Universitas Lambung Mangkurat (ULM) dari Program Studi Ilmu Komunikasi, melaksanakan kegiatan Pelatihan Peningkatan Literasi Digital kepada Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Panyuluhan Indah, Desa Paau, Kabupaten Banjar.

Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) merupakan Program Dosen Wajib Mengabdi (PDWA) yang dilaksanakan pada Sabtu (30/7). Dihadiri sebanyak 15 peserta,  kegiatan pelatihan ini berlangsung secara luring di salah satu rumah warga Desa Paau.

Semua rangkaian kegiatan PKM ini dimulai bulan April hingga Juli 2022, dan dilakukan melalui pendekatan yang berbasis kebutuhan mitra serta pendampingan program. Fahriannor dan Muhammad Nizar Hidayat, selaku Dosen Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) menjelaskan bahwa kegiatan pelatihan ini dilakukan melalui beberapa tahapan.

“Mulai dari identifikasi permasalahan, verifikasi ke Desa Paau, formulasi rencana PKM, dan implementasi program PKM yang meliputi peningkatan pemahaman literasi digital, pelatihan pembuatan konten digital, pelatihan networking dan collaborating, serta pelatihan pengelolaan platform digital," kata Fahrianoor.


Adapun permasalahan utama Pokdarwis Penyaluhan Indah dalam promosi ekowisata Desa Paau yakni mengenai rendahnya literasi digital, yang berpengaruh pada kurangnya penguasaan teknologi berbasis online dalam promosi dan pemasaran ekowisata.

Oleh karena itu, kegiatan pelatihan tersebut dilaksanakan untuk memaksimalkan potensi dari penggunaan internet serta memajukan ekowisata di Desa Paau. Selain itu, hal ini dilakukan agar mampu membuka wawasan Pokdarwis terkait dengan skill yang harus mereka ketahui dan kuasai, sebagai modal untuk melakukan promosi ekowisata dengan menggunakan media online dan jaringan internet.

Secara umum, seluruh program PkM berjalan dengan baik sebagaimana yang ditunjukkan oleh hasil evaluasi kegiatan. Berdasarkan isian kuisioner tersebut, semua peserta mengungkapkan bahwa program dan materi yang disampaikan sudah tepat sasaran dan bermanfaat bagi upaya peningkatan literasi digital bagi Pokdarwis Panyuluhan Indah.