starbanjar.com
Tips Menjawab Pertanyaan Mengapa Anda Dipecat Ketika Proses Interview
Tips Menjawab Pertanyaan Mengapa Anda Dipecat Ketika Proses Interview (Freepik.com/aleksandarlittlewolf)

Tips Menjawab Pertanyaan Rekruter tentang Alasan Pemecatan Anda dengan Percaya Diri

Redaksi Daerah
02.5.2024

JAKARTA - Ada beberapa pertanyaan yang jawabannya harus dipersiapkan, salah satunya adalah alasan mengapa Anda dipecat dari perusahaan sebelumnya.

Apapun alasan yang Anda berikan, rekruter akan tetap terkesan jika Anda dapat menjawab pertanyaan tersebut dengan percaya diri sambil menunjukkan perkembangan profesional Anda.

Jika Anda masih merasa kebingungan, Anda bisa menyimak beberapa penjelasan berikut ini.

Cara Menjawab Pertanyaan Mengapa Anda Dipecat dari Rekruter

1. Tanyakan ke Mantan Atasan Anda Terlebih Dahulu

Jika memungkinkan, Anda bisa menghubungi perusahaan lama Anda atau HRD untuk mengetahui bagaimana mereka akan mewakili pemecatan Anda jika dihubungi. Dengan melakukan hal tersebut, Anda bisa mendapatkan pemahaman yang jelas tentang perspektif mereka untuk mengetahui gambaran situasi yang akurat.

2. Katakan yang Sebenarnya

Saat menjawab pertanyaan ini, Anda harus selalu jujur mengenai alasan di balik pemecatan Anda. Kejujuran akan membangun kepercayaan yang sangat penting dalam membangun hubungan positif dengan calon pemberi kerja. Kebiasaan berbohong akan menyesatkan dan merusak kepercayaan calon atasan Anda terhadap Anda.

3. Tunjukkan Akuntabilitas

Calon pemberi kerja tentu ingin melihat apakah Anda dapat mengakui peran Anda dalam pemutusan hubungan kerja. Jika atasan Anda sebelumnya memecat Anda karena suatu perilaku tertentu, pertanggungjawabkan tindakan Anda dan jelaskan bagaimana Anda mengatasi tindakan tersebut.

4. Hindari Hal-hal Negatif

Simpanlah pendapat negatif apapun tentang perusahaan lama Anda dan jangan utarakan hal tersebut kepada calon pemberi kerja. Anda harus tetap objektif terhadap situasi tersebut.

Berbicara buruk tentang mantan kantor Anda justru akan membuat calon pemberi kerja jadi bertanya-tanya apakah Anda juga akan melakukan hal yang sama kepada mereka.

5. Jangan Gunakan Kata Dipecat.

Kata ‘dipecat’ cenderung memiliki konotasi negatif jadi cobalah untuk menghindarinya ketika menyikapi situasi tersebut namun tetap akurat. Tujuan wawancara tentu adalah untuk menjual diri Anda sebagai kandidat, jadi gunakan bahasa yang lebih halus seperti terkena PHK, perampingan, efisiensi dan sebagainya.

Itu tadi beberapa hal yang bisa Anda lakukan saat ditanya mengapa Anda dipecat dari pekerjaan sebelumnya, ketika sedang interview pekerjaan baru.

Tulisan ini telah tayang di balinesia.id oleh pada 02 Mei 2024