starbanjar.com
Hibah bus
Hibah bus

ULM Terima Hibah Bus Sekolah dari Kementerian Perhubungan

Redaksi Starbanjar
13.1.2021

STARBANJAR - Anggota DPR RI M Rifqinizamy Karsyayuda (MRK) menyerahkan dua bus sekolah, hibah dari Kementerian Perhubungan RI, kepada Universitas Lambung Mangkurat, Selasa (12/1/2021).

Hibah bus ini merupakan hasil dari aspirasi MRK di Komisi V DPR RI untuk daerah pemilihannya, Kalimantan Selatan.

Usai penyerahan secara simbolis, Rifqi mengatakan bus ini diharapkan mampu mengurai kemacetan di Kota Banjarmasin, sekaligus menambah armada moda transportasi umum baru.

"Ini bisa menjadi darah baru bagi ketersediaan transportasi publik di kampus Lambung Mangkurat," ucap Rifqi.

Dia menyebut bersama Balai Pengelola Transportasi Darat (BPTD) Kemenhub RI, Dishub Kalsel dan Dishub Kota Banjarmasin melakukan merembugkan rute angkutan umum, yang melewati Kota Banjarmasin, Banjarbaru, dan Martapura.

Kegiatan tersebut, kata Rifqi merupakan terusan dari rencana pembangunan Banjarbakula, yang telah dirintis sejak tahun 2018 lalu.

"Harapan kita angkutan tersebut dapat menampung sebanyak mungkin mahasiswa, dari tempat tinggal mereka, atau dari kampus ke kampus," ujar politisi PDIP ini.

Sementara itu, rektor ULM Prof Sutarto Hadi tak menutup kebahagiannya ketika menerima hibah dua armada bus baru bagi ULM.

Mendengar ada bus baru, mahasiswa ULM meminta izin kepada Sutaro Hadi untuk menggunakannya bagi kegiatan akademik di lingkungan kampus.

"Seringkali mahasiswa terbatas melakukan praktek lapangan baik itu magang, PKL dan sebagainya, jadi (bantuan) ini satu keberuntungan bagi kita," kata Sutarto.

Guru besar pendidikan matematika ini mengatakan dua armada bus baru ini akan menambah mobilitas civitas akademika ULM, baik itu untuk pendidikan, penelitian hingga pengabdian masyarakat.

"Sekarang masih masa pandemi, tetapi mahasiswa yang praktek, magang dan sebagainya kita berikan dispensasi untuk dilaksanakan (langsung)," tutup Sutarto.

Sekadar diketahui, selain menyerahkan dua armada bus baru untuk ULM, Pemerintah Kota Banjarmasin dan Universitas Islam Negeri (UIN) Antasari juga menerima bus sekolah dari Kemenhub RI.