starbanjar.com
Pertamina
Direktur Utama Pertamina, Nicke Widyawati berbincang dengan salah satu UMKM Pertamina dalam ajang INACRAFT 2023

UMKM Binaan Pertamina Catatkan Transaksi hingga Rp3,36 Miliar di INACRAFT Oktober 2023

Redaksi Starbanjar
10.10.2023

STARBANJAR - PT Pertamina (Persero) ikut sertakan 20 Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) binaannya untuk ikut serta dalam INACRAFT Oktober 2023 yang dihelat pada 4-8 Oktober 2023 di Jakarta. Para UMKM binaan Pertamina tersebut mencatatkan transaksi hingga Rp3,36 miliar yang disebut sebagai cerminan keunggulan produknya.

Angka tersebut mengalami peningkatan sekitar 40% dibandingkan dengan pencapaian sebelumnya pada ajang yang sama yang diadakan pada bulan Maret 2023, di mana UMKM binaan Pertamina mencatatkan transaksi senilai Rp2,4 miliar. Transaksi tersebut masih terus bertambah, karena masih ada proses negosiasi harga dengan sejumlah pembeli seperti dilansir dari keterangan resmi pada 10 Oktober 2023.

VP Corporate Communication Pertamina, Fadjar Djoko Santoso sangat mengapresiasi prestasi yang dicapai oleh UMKM yang menjadi binaannya, serta mengucapkan terima kasih kepada masyarakat yang telah mendukung dan mencintai produk-produk UMKM dalam acara INACRAFT Oktober 2023.

UMKM yang diboyong Pertamina untuk INACRAFT Oktober 2023 ini diantaranya adalah Songket Ilham Bahari, Pengrajin Pelangi, Gunawan Design, Griya Kain Solo, Adhimas Batik Handy Craft, Almira, Haluan Bali, Mutiara Gitbay, Batik Sumber Arafat, Sikilib Collection dan Akar Dewa Jati.

Pameran INACRAFT bukan hanya berperan sebagai platform yang bermanfaat bagi UMKM, tetapi juga sebagai panggung yang memungkinkan para kreator dan pengusaha UMKM untuk menonjolkan potensi mereka di tingkat nasional maupun internasional. Menurut Fadjar, INACRAFT bukan hanya tentang produk dan transaksi semata, tetapi juga tentang membangun komunitas yang kuat yang dapat mendukung pertumbuhan ekonomi melalui pemberdayaan masyarakat.

Fadjar menambahkan, ajang INACRAFT 2023 diharapkan mampu menggali potensi dan memberikan peluang kepada para pelaku usaha untuk mengangkat karya-karya anak bangsa ke tingkat nasional dan internasional. Harapannya, produk-produk dari pelaku UMKM di Indonesia dapat berkembang dan dikenal oleh masyarakat global, sekaligus memberikan dorongan bagi perekonomian mereka sendiri.

"INACRAFT ini merupakan peluang bagi para pelaku UMKM untuk dapat kuasai pasar ekspor, cari buyer dari berbagai negara. Kita juga terus dorong agar UMKM terus meningkatkan produktivitasnya. Tidak hanya kuasai pasar ekspor, tapi juga pasar dalam negeri", ucap staf khusus Kementerian BUMN, Arya Sinulingga.

Tulisan ini telah tayang di www.trenasia.com oleh Bintang Surya Laksana pada 10 Oct 2023