starbanjar.com
Screenshot_20230209_190557_Instagram.jpg
Laga PSM Makassar vs Barito Putera di Stadion Gelora BJ Habibie, pada Kamis (9/2) sore. (Foto: Akun Instagram Official Barito Putera)

Unggul Lebih Awal, Barito Putera Justru Dihajar PSM Empat Gol

Redaksi Starbanjar
09.2.2023

STARBANJAR- PSM Makassar membuktikan tajinya saat menjamu Barito Putera di Stadion Gelora BJ Habibie, pada Kamis (9/2) sore. Tim asuhan Bernardo Tavares itu meraih poin penuh dengan skor 4-1.

Laskar Antasari sejatinya unggul lebih awal di babak pertama. Tendangan jarak jauh dari Bayu Pradana di menit ke-18 tidak bisa ditangkis kiper PSM, Arya Pratama.

Barito yang sementara dibidani oleh Isnan Ali juga hampir menggandakan kedudukan lewat serangan Gustavo Tocantins di menit 20. Hanya saja, pertahanan Juku Eja -julukan PSM- masih cukup kokoh.

Adapun situasi positif bagi Barito hanya bertahan 10 menit. PSM berhasil menyamakan kedudukan lewat gol dari Yance Sayuri.

Permainan yang digeber apik oleh Ramadhan Sanata, Willem Jan Pluim, serta Rizky Eka sukses dieksekusi oleh Yance pada menit ke-28.

Jelang akhir babak pertama, permainan lebih banyak dikuasai PSM. Posisi Barito Putera pun semakin problematik setelah kiper utama mereka, Joko Ribowo mengalami cedera dan digantikan oleh Norhalid. Walaupun demikian, kedudukan berakhir 1-1 di babak pertama.

Mimpi buruk bagi Laskar Antasari baru datang di babak kedua. Hal ini terjadi setelah PSM melakukan rotasi pemain yang cukup sering dan menaikkan tensi serangan.

Hasilnya terjadi pada menit ke-70. Serangan yang dibangun pemain muda PSM, Victor Dethan, tak mampu dihalau pemain Barito Putera, lalu dieksekusi Ramadhan Sanata menjadi gol.

Bola dari Dethan mulanya mengarah ke Nazar Nurzaidin. Namun, bek Laskar Antasari itu kurang cermat melakukan kontrol dan akhirnya dimanfaatkan oleh juru gedor PSM. Skor menjadi 2-1.

Barito pun semakin tertinggal setelah Willem Pluim melesatkan tendangan plessing di menit ke-75. Dua menit berselang, pemain asal Belanda itu membuat brace dengan sundulan hasil umpan Victor Dethan. Artinya, dalam waktu tujuh menit, para pemain PSM berhasil mencetak tiga gol.

Kedudukan bertahan hingga akhir babak kedua. Hasil ini membuat PSM bertengger di klasemen sementara BRI Liga 1 dengan raihan 47 poin.

Sementara, Barito Putera masih berada di urutan 16 atau zona merah klasemen sementara dengan capaian 19 poin.