starbanjar.com
WhatsApp Image 2021-07-28 at 07.33.47.jpeg
Kondisi Jembatan Paringin

Usai Portal Ditabrak Truk, Komisi III DPRD Balangan Soroti Kondisi Jembatan Paringin

Redaksi Starbanjar
28.7.2021

STARBANJAR- Komisi III DPRD Balangan meninjau langsung kondisi Jembatan Paringin usai adanya insiden kecelakaan truk yang mengakibatkan rusaknya portal di jembatan tersebut.

Peninjauan ini dipimpin Ketua Komisi III DPRD Balangan, Erly Satriana, pada Selasa (27/7/2021). Ia juga memanggil jajaran dinas perhubungan (dishub) serta dinas pekerjaan umum dan penataan ruang (PUPR) kabupaten setempat.

Dalam kesempatan tersebut Erly meminta kejelasan terkait rencana perbaikan dari jembatan tersebut setelah adanya insiden.

Kabid Bina Marga Dinas PUPR Balangan, Rina menyebut, setelah berkoordinasi dengan pihak balai jalan maka untuk perbaikan rehabilitasi jembatan menurut jadwal dilakukan mulai pertengahan Agustus 2021 mendatang

“Kita kemarin koordinasi dengan balai jalan, sampai hari ini masih evaluasi dan klarifikasi lelang, masalahnya kemarin lelang nya itu lelang ulang,” terangnya.

Lanjut Rina, berdasarkan jadwal pertengahan Agustus 2021, akan ada total ada 23 jembatan yang akan digenjot balai jalan, termasuk Jembatan Paringin tersebut. Total pagu dari pekerjaan ini sebanyak Rp 12 miliar.

“Namun untuk pengerjaan disini kita kurang tahu, kan ada 23 jembatan, jadi untuk jadwal di sini kapan di lakukan kita kurang tahu tapi yang pasti kontrak nya per pertengahan Agustus 2021,” ungkapnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Perhubungan (Kadishub) Balangan Rudy Sofyan turut mengimbau kepada pengemudi-pengemudi truk untuk tidak melintas di jembatan paringin.

“Jadi kami juga sudah menghimbau kepada pengemudi truk dengan bentuk ya semacam tulisan terus juga memberikan spotlight kepada portal itu terus juga ini kan ada lampu sorot dan pencahayaan,” ungkap Rudy.

Dengan harapan, kata Rudy, truk-truk tidak melintas pada Jembatan Paringin karena ada jalan yang sudah ditentukan atau jalan alternatif. (Taufiq)