starbanjar.com
Ilustrasi virus covid-19 varian omicron.
Ilustrasi virus covid-19 varian omicron.

Varian Omicron Masuk Kalsel? Belasan Sampel Warga Diperiksa Litbang Kemenkes

Redaksi Starbanjar
07.2.2022

STARBANJAR- Varian Covid-19 Omicron diindikasikan kuat telah masuk ke Provinsi Kalimantan Selatan.

Anggota Tim Pakar Covid-19 Universitas Lambung Mangkurat, Hidayatullah Mutaqqin, mengatakan ada 7 kasus Omicron yang hasilnya ditemukan lewat pola whole genome sequencing (WGS).
"Sampelnya diambil dari 18-24 Januari," ujar Hidayatullah.

Hidayatullah mengakui, belakangan waktu terakhir memang terjadi lonjakan Covid-19 di Kalsel. Betapa tidak, dalam satu pekan saja, sudah ada 1.089 kasus konfirmasi coronavirus.

Kendati begitu Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Kalsel, M Muslim, belum bisa menyatakan bahwa Omicron benar-benar masuk ke Kalsel. Ia baru menyebut kasus ini masuk dalam kategori "probable".

"Kalau probable, iya. Probable itu artinya kemungkinan varian (Omicron) itu ada dari spesimen yang kita periksa," ujarnya.

Muslim mengatakan ada 19 sampel warga yang tengah dideteksi dengan pola whole gnome sequencing (WGS) untuk membuktikan dugaan bahwa Omicron. Belasan spesimen dianggap memenuhi syarat dan dikirimkan ke Litbang Kemenkes RI di Jakarta.

"Kita tinggal menunggu hasil WGS. Kemungkinan varian itu ada. Dari spesimen yang kita periksa, tapi belum dikonfirmasikan. Kan menunggu hasil lab," katanya.

Ia menambahkan, penularan ini ada kemungkinan berasal mobilitas warga sepulang dari perjalanan jauh.

Atas indikasi ini, masyarakat kembali diminta untuk patuhi protokol kesehatan secara ketat untuk menghindari penyebaran jadi kian masif.

"Gubernur juga sudah membuat edaran untuk melakukan sejumlah pembatasan dan evaluasi PTM," ujar Muslim.