starbanjar.com
BCSR
BCSR

Walikota Ibnu Sina Dorong Ribuan Perusahaan Gabung Program Banjarmasin CSR

Nurul Khasanah
26.9.2020

STARBANJAR- Walikota Banjarmasin, Ibnu Sina, mendorong perusahaan-perusahaan yang beroperasi di kota seribu sungai untuk bergabung dalam program forum/badan Corporate Social Responsibility (CSR).

Dorongan yang dilontarkan Ibnu bukan tanpa alasan. Dia melihat, dari 1500 perusahaan di Kota Banjarmasin, cuma sekitar 140 korporasi yang bergabung dalam forum ini.

Bahkan, hanya 40 perusahaan yang dapat dibilang cukup aktif dalam program BCSR. Terutama dalam sektor perbankan.

Forum Banjarmasin CSR sendiri merupakan wadah bagi perusahaan untuk saling berkoordinasi dalam penyaluran tanggung jawab sosial kepada warga Banjarmasin. Sederet perusahaan ini nantinya bermitra dengan pemerintah dalam memberikan bantuan untuk membangun Kota Banjarmasin.

Ibnu menerangkan bahwa bantuan tersebut tidak terbatas dalam bentuk uang, melainkan bisa
dalam bentuk pembangunan berbagai fasilitas umum.

Fasilitas umum tersebut bisa jadi berbentuk titian, jembatan, taman, ambulans, dan lain-lain.

“Yang penting dilaporkan,” tegas dia saat ditemui di ajang program CSR Swiss-bellhotel Banjarmasin, pada Jum'at (25/9/2020)

Dalam memfasilitasi tersebut, Ibnu menyatakan bahwa pemkot telah membuat aplikasi CSR untuk mempermudah pemilihan dan pengajuan paket bantuan yang akan diberikan.

Adapun ia memberi contoh, program pemagaran kawasan siring di depan Swiss-bellhotel bisa menjadi acuan dalam pemberian CSR ini. Dia mengapresiasi Swissbel-Hotel sebagai hotel pinggir sungai yang turut mempercantik siring kota dengan membangun pagar dan gerbang di area tersebut.