starbanjar.com
Mark-Zuckerberg.jpg

Whatsapp, Instagram, dan Facebook Kompak Down, Mark Zuckerberg Minta Maaf

Redaksi Starbanjar
05.10.2021

STARBANJAR - Layanan media sosial utama Facebook, Instagram, dan WhatsApp mengalami gangguan besar-besaran atau down pada Senin (4/10/2021) malam hingga Selasa (5/10/2021) dini hari.

CEO Facebook Mark Zuckerberg meminta maaf kepada seluruh pengguna media sosial besutan Facebook, setelah layanan kembali pulih.

"Maaf atas gangguan hari ini. Saya tahu betapa Anda mengandalkan layanan kami untuk tetap terhubung dengan orang-orang yang Anda sayangi," kata Zuckerberg dilansir dari Facebooknya.

Sementara itu, Vice President of Engineering and Infrastructure Facebook Santosh Janardhan dalam blognya mengatakan tumbangnya ketiga layanan itu disebabkan oleh perubahan konfigurasi di router backbone.

Dia menerangkan, penyebab utama pemadaman ini juga memengaruhi banyak alat dan sistem internal yang tim Facebook gunakan dalam operasi sehari-hari, mempersulit upaya perusahaan untuk mendiagnosis dan menyelesaikan masalah dengan cepat.

"Tim teknisi kami telah mengetahui bahwa perubahan konfigurasi pada router backbone yang mengkoordinasikan lalu lintas jaringan antara pusat data kami menyebabkan masalah yang mengganggu komunikasi ini, Gangguan pada lalu lintas jaringan ini memiliki efek berjenjang pada cara pusat data kami berkomunikasi, sehingga harus menghentikan layanan kami," kata Janardhan, dikutip dari The Verge.

Dia menyanggah gangguan ini disebabkan oleh hacker atau percobaan untuk mengambil data pengguna. Janardhan memastikan tidak ada data pengguna yang bocor selama gangguan ini terjadi.

Masalah tak bisa diaksesnya layanan Facebook, Whatsapp dan Instagram bukan pertama kali terjadi. Pada tahun 2019 silam, situs Facebook tak bisa diakses lebih dari 24 jam.